Artikel

Pembukaan O2SN di Kecamatan Air Naningan

    Dibaca 206 kali
Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus pada tahun 2017 ini menjadi tuan rumah dari kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kabupaten.
 
Pesta olahraga tingkat Iini terbagi dalam dua katagori, yakni O2SN tingkat Sekolah Dasar dengan jumlah peserta 273 siswa dengan guru pendamping 127 guru. Dan katagori Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan jumlah peserta atlet 178 siswa dengan guru pendamping 98 guru. Dan dinilai oleh 25 juri.
 
Ketua penyelengara kegiatan O2SN Munasir dari Dinas Pendidikan (Disdik) Tanggamus mengatakan, kegiatan O2SN ini dibagi dalam dua agenda pelaksanaan. Untuk O2SN tingkat SD dimulai dari hari Rabu-Kamis (12-13/4). Sementara untuk tingkat SMP akan dilaksanakan pada tanggal 26 April 2017 mendatang.
 
Dengan 11 cabang lomba yang dipertandingkan yakni, atletik; Senam; renang; bulu tangkis; pencak silat dan karate putra dan putri. Atlet yang keluar sebagai the winner dari enam cabang kelas putra putri ini akan kembali di teruskan ketingkat Provinsi Lampung. Selanjutnya cabang olah raga bola volly mini putri; tenis meja putra putri; sepak takraw putra; catur putra putri dan terakhir sepak bola putra.
 
“Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kecintaan dan apresiasi siswa terhadap bidang olahraga, meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani, melatih sifat sportivitas dan tanggung jawab, selanjutnya mengembangkan bakat dan minat siswa dan mempersiapkan kontingen O2SN baik SD dan SMP untuk ke tingkat Provinsi Lampung. Dan untuk dana bersumber dari APBD Disdik Tanggamus tahun 2017,” ujar Munasir saat memberikan pemaparan kegiatan pada opening ceremony O2SN di lapangan Pekon Batu Tegi, Air Naningan, Rabu (12/4).
 
Sementara itu Wakil Bupati (Wabup) Tanggamus Hi. Samsul Hadi mengatakan, kegiatan O2SN tingkat kabupaten ini dapat menjadi motivasi bagi siswa siswi Tanggamus dari seluruh tingkatan sekolah untuk lebih mencintai olahraga. Karena sesuai dengan pencanangan pemerintah, bahwa tahun 2020 mendatang indonesia sehat yang diplopori Dinas Kesehatan (Diskes). Selain itu, kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk mempersiapkan jiwa sportif dalam menjalani apapun aktifitas.
 
Baik itu pada saat mengikuti suatu kegiatan turnamen, olimpiade dan lain sebagainya. Oleh karenanya, dipesankan kepada dewan guru disekolah, untuk sekitaranya selalu mendukung dan memfasilitasi anak didiknya. Harus pupuk sifat sportifitas sejak dini agar kedepannya dapat menjadi penerus bangsa yang selalu memiliki jiwa sportifitas.
 
“Saya sangat bangga melihat semangat dari para kontingen dari berbagai Kecamatan. Meski tadi dilihat ada beberapa kecamatan yang mengirimkan atletnya minim, tapi semangatnya sangat luar biasa dirasakan. Tetap semangat dan lakukan yang terbaik, jangan cukup puas dengan apa yang sudah didapat, terus tingkatkan kemampuan dalam bidang olah raga, agar kedepan menjadi atlet Tanggamus yang dapat dibanggakan,” pungkasnya.
 
Terpisah, KUPT Pendidikan Kecamatan Air Naningan Renaldi mengatakan, Kecamatan yang terkenal dengam wisata bendungan batu tegi ini menjadi pertama kali nya menjadi tuan rumah bagi penyelenggaraan O2SN. Dan Air Naningan menjadi juara bertahan dua kali.”Ya kita berharap tetap bisa mempertahankan kejuaraannya seperti piala bergilir yang telah kita dapatkan,” ucap Renaldi
 
Turut hadir dalam acara tersebut Camat Air Naningan Sartijan, Upt dinas pendidkan Air Naningan Bapak Renaldi,Kadis Pendidikan,Skpd terkait dari Kabupaten,guru dan wasit serta sluruh siswa dan siswi Sd dan Smp yang mengikuti Lomba O2Sn.